Selasa, 05 Mei 2009

KEBERHASILAN pendidikan TANGGUNG JAWAB Bersama

Untuk lebih memberi motivasi kepada jajaran pendidikan, khususnya para guru bidang study, kedepannya Wawali H. Syaharie Jaang memandang perlu untuk memberikan semacam penghargaan bagi guru bidang study yang mencapai kelulusan maksimal.

MENJELANG pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Ajaran 2008/2009 yang dilaksanakan akhir April 2009 mendatang, Pemkot Samarinda dalam hal ini Dinas Pendidikan Kota Samarinda melakukan berbagai tahap persiapan, salah satunya sosialisasi berbagai ketentuan dan peraturan UN bagi para Kepala Sekolah, Pengawas dan Guru Bidang Study yang diujikan untuk tingkat SMU dan MA, di ruang Rapat Utama Balaikota Selasa (27/1).
Wakil Walikota Samarinda H Syaharie Jaang SH MSi ketika membuka kegiatan sekaligus memberikan arahan didepan lebih kurang 336 orang peserta, mengingatkan pentingkan upaya ataupun kerja keras pihak sekolah mempersiapkan siswa didiknya dalam menghadapi evaluasi belajar tahap akhir tersebut..
Kalau dihitung dari sekarang, maka waktu yang tersisa saat ini tidak lebih dari dua setengah bulan lagi, untuk itu atas nama pemerintah saya berharap agar kesempatan ini dapat digunakan sebaik-baiknya mempersiapkan segala sesuatu agar kelulusan tahun ini sesuai dengan target yang telah ditetapkan, apakah itu berupa bimbel atau try out dan lain sebagainya,” ucap Wawali.
Untuk itu selain upaya maksimal dari pihak Pemkot, Syaharie mengharap kerjasama dan peran serta pihak Pemerintah Provinsi.
“Karena perlu kita sadari kelulusan siswa di Kota Samarinda bukan menjadi tanggung jawab pemerintah kota semata, melainkan seyogyanya menjadi tanggung jawab bersama dengan pihak pemerintah provinsi,” imbuh Jaang kepada pejabat perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi yang hadir pula dalam kesempatan tersebut.
Untuk lebih memberi motivasi kepada jajaran pendidikan, khususnya para guru bidang study, kedepannya Wawali memandang perlu untuk memberikan semacam penghargaan bagi guru bidang study yang mencapai kelulusan maksimal.
Saya kira ini penting juga guna memberi motivasi bagi para guru agar lebih giat meningkatkan angka kompetensi siswa didiknya,” tandasnya.
Sementara itu terkait kepastian jadwal pelaksanaan Ujian Nasional tersebut Kadisdik Kota Samarinda Prof H Abdul Rachim menyebut untuk tingkat SMA akan dimulai pada 20 hingga 24 April 2009 mendatang
Itu untuk jadwal ujian tahap I, sedangkan ujian susulannya akan dilaksanakan pada 27 April hingga 1 Mei 2009,” terangnya. Adapun mata pelajaran yang akan diujikan diantaranya meliputi bidang study Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, Bahasa Inggris dan beberapa bidang study lain sesuai dengan kejuruan masing-masing.
Sedangkan jumlah siswa yang akan mengikuti ujian pada tahun ini mencapai 29.257 orang dengan standar kreteria kelulusan 5,50, atau mengalami kenaikan 0,25 % dari tahun sebelumnya yang hanya mematok angka 5.25 saja. *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar